page loader

Sambutan Wakil Rektor

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bersama-sama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang senantiasa melimpahkan kesehatan, keberkahan bagi kita semua.

Universitas Sebelas Maret, maju dan berkembang selaras dengan kebijakan dasar yang merupakan gambaran komitmen guna mewujudkan UNS Worldwide “Lima Pilar Transformasi PTNBH UNS menjadi Universitas Berkelas Dunia”. Lima pilar akselerasi UNS menjadi World Class University (WCU) meliputi:

1. akselerasi profesionalitas dan kesejahteraan Sumber Daya Manusia (SDM);
2. akselerasi riset, publikasi, dan inovasi;
3. akselerasi reorientasi pembelajaran berbasis 4.0;
4. pengembangan institusi, penguatan literasi data, dan teknologi (ICT);
5. optimalisasi hukum, birokrasi, dan kerja sama;

Kemudian diimplementasikan sebagai tujuan dari sinkronisasi visi dan misi untuk: 1. mengembangkan sistem pendidikan 4.0, membuat riset inovatif berkelas dunia, mengembangkan SDM berstandar internasional, mengembangkan tatakelola institusi yang sehat, dan mengembangkan kerja sama dalam dan luar negeri.

Kata kunci riset dan inovasi sebagai dasar perwujudan, sehingga merupakan harmonisasi dari sinergi institusional yang meliputi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Direktorat Inovasi dan Hilirisasi, serta Biro Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat. Akselerasi dan sinergi ini menjadikan nuansa baru terhadap pengembangan riset dan inovasi menuju terwujudnya semangat kebersamaan dalam bingkai komitmen menjadi UNS World Class University.

Cakupan menggelorakan sinergi pendidikan tinggi untuk riset dan inovasi, merupakan program besar dalam rangka meningkatkan daya saing nasional. Garis besar atau pembangunan nasional, seperti yang kita baca dalam Nawa Cita, memberikan tekanan khusus kepada penguatan daya saing. Selanjutnya untuk menerjemahkan misi itu ke dalam penyatuan komponen kegiatan riset dan teknologi, kemudian disatukan dengan Pendidikan Tinggi untuk melahirkan riset yang menjadi awal bergeraknya inovasi. Muaranya tentunya adalah “bagaimana program besar menggelorakan kebangkitan teknologi nasional berupa inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing nasional, sejalan dengan yang tersurat dalam Nawa Cita 6, meningkatkan produktivitas dan daya saing adalah visi pembangunan Indonesia ke depan”.

Seiring dengan komitmen bersama untuk mewujudkan UNS Worldwide “Lima Pilar Transformasi PTNBH UNS menjadi Universitas Berkelas Dunia”, dosen peneliti, mahasiswa, dan sivitas UNS semakin didorong untuk menghasilkan hasil riset dan inovasi yang berdayaguna bagi kehidupan masyarakat. Melalui berbagai macam program dan kegiatan yang mendukung implementasinya, sehingga suasana dan atmosfer pengembangan riset dan inovasi seiring-sejalan dengan garis besar pembangunan untuk meningkatkan daya saing nasional.

Diharapkan dalam tataran proses belajar dan mengajar lebih kondusif, seningga akan terwujud suasana belajar di UNS terasa atmosfer Indonesia sekaligus internasional. Melalui berbagai kekayaan disiplin ilmu yang ada di UNS, calon mahasiswa yang akan menjadi mahasiswa di UNS telah mantap dan searah dangan tujuan pengembangan dirinya dengan pilihan program studi yang sangat banyak dan bervariasi. Tentunya, semuanya ini akan memberikan kesempatan kepada para dosen peneliti, mahasiswa, dan sivitas di UNS untuk memperkaya ilmu pengetahuan, pengalaman penelitian, pengalaman pengabdian, pengalaman melahirkan inovasi, dan pendekatan interdisciplinary di kampus UNS yang kita cintai bersama ini. Mahasiswa dapat berkolaborasi dengan para dosen peneliti, dunia industri, dan lembaga lainnya yang ingin melakukan kerja sama riset dan inovasi dengan UNS, dengan kekayaan disciplines/ keilmuan di UNS (memiliki berbagai program studi, meliputi: sarjana, sekolah vokasi, dan sekolah pascasarjana); berbagai pusat studi untuk pengembangan pendidikan/ penelitian/ pengabdian kepada masyarakat. Tentunya juga akan dilakukan akselerasi untuk kerja sama yang luas dengan sesama lembaga riset dan inovasi yang berasa dari: kementerian, direktorat, kelembagaan pendidikan/ pemerintah/ non-pemerintah/ industri, dan sejenis lainnya.

Dukungan fasilitas di dalam kampus hijau (UNS Green Campus), serta kenyamanan dan kampus yang kondusif yang berlokasi di Kota Surakarta (Kota Bengawan “Kota Solo) merupakan kota pendidikan yang kaya peninggalan sejarah, dan/ kaya akan warisan budaya. Tentunya juga salah satu modal bagi para mahasiswa, dosen peneliti, dan dosen tamu dalam rangka memperoleh pengayaan pengetahuan dan pengalaman riset di lokasi budaya yaitu Keraton Surakarta dan sekitarnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.

Wakil Rektor Riset dan Inovasi